Minggu, 12 April 2015

Pemograman Web J2EE dan Konsep Client Server

Pemograman Web Pertemuan 2

J2EE adalah singkatan dari Java 2 Enterprise Edition, Java EE adalah sebuah spesifikasi, bukan berupa product berwujud nyata. Ada banyak vendor software membuat software berupa application server yang mengikuti standard Java EE sehingga disebut Java EE compliant application server.

Application server ini memungkinkan kita untuk membuat aplikasi berskala enterprise dengan lebih mudah karena application server sudah menyediakan berbagai fasilitas yang siap untuk digunakan sebagai pendukung aplikasi kita.

Contoh application server adalah :
  • Glassfish
  • Oracle
  • Jboss
  • IBM Websphare
  • Jrun
  • Jonas

Apache Tomcat adalah salah satu webserver/webcontainer untuk aplikasi web Java yang cukup terkenal, tapi bukan termasuk Java EE application server karena tidak menyediakan semua service yang ada di spesifikasi Java EE. Jika kita membuka website sun.java.com, dan menuju halaman tentang Java EE, maka kita bisa mendownload salah satu produk implementasi Java EE yang dibuat di bawah kendali Sun Microsystem, yaitu Sun Java System Application Server, yang sebenarnya adalah nama lain dari Glassfish application server.

Komponen J2EE
J2EE komponen adalah unit program yang masing masing memiliki fungsi fungsionalitas. Adapun komponen J2EE adalah:
-          Komponen Client
-          Komponen Web
-          Komponen Business

Komponen Client adalah bagian yang berinteraksi lansung dengan user yang berisi aplikasi client dan applet yang berjalan pada komputer client.
Komponen Web adalah bagian yang terdapat teknologi apliasi java JSP atau java server pages. Komponen web ini lebih ke arah web dinamik.
Komponen bisnis adalah sebuah abstraksi dari kegiatan kegiatan yanga ada dalam proses bisnis perusahaan. Dibagian ini terdapat program java seperti java beans, dan sevlet.

J2EE Container
Adapun J2EE container dan komponen adalah:
  1. J2EE server
  2.  EJB
  3. Web container
  4. Application Client Container
  5. Applet container


Web Container adalah web server berbasis java yang menampung web component-web component serta menyediakan layanan bagi web component seperti request dispatching, security serta lifecycle management. 
Enterprise Java Beans (EJB) adalah model komponen berbasiskan kontainer yang dapat didistribusikan dan menangani pengelolaan kontainer  pada komponen Java. Komponen Java yang berada di lingkungan EJB disebut Enterprise bean atau disebut juga dengan bean. Client dari aplikasi EJB adalah aplikasi lain, bukan end-user. 

Berikut komponen komponen yang terdapat dalam container J2EE:
1.  Enterprise JavaBeans, EJB adalah komponen untuk development dan deployment aplikasi bisnis yang terdistribusi. Aplikasi yang dibuat dengan  EJB lebih stabil, transactional, dan aman.
2.  Java Servlets. Servlet adalah aplikasi Java yang berjalan di Web server.
3.  JavaServer Pages (JSP).  JSP hampir sama dengan servlet yang memungkinkan anda membuat web dinamis.
4. Java Database Connectivity (JDBC). JDBC memungkinkan aplikasi Java untuk mengakses database.
5. Extensible Markup Language (XML). XML menyediakan mekanisme untuk menggambarkan data menggunakan tag dalam sebuah platform independen.
6.  Java Naming dan Directory Interface (JNDI). JNDI memungkinkan aplikasi untuk mengakses Naming Service dan Direktory Service.
7.   Java Transaction API (JTA). JTA memungkinkan untuk mengakses Transaction Service.
8.  Java Transaction Service (JTS). JTS mendefinisikan penerapan transaction manager yang mendukung JTA.
9.  Java Messaging Service (JMS). JMS memungkinkan aplikasi Java untuk mengakses message service.
10.  Java IDL. IDL membolehkan aplikasi Java untuk menggunakan CORBA Implementation.
11.  JavaMail. JavaMail memungkinkan aplikasi Java untuk mengakses layanan email.
12.  RMI-IIOP. RMI-IIOP digunakan untuk Remote Method Invocation atas InterOrb Internet Protocol.
 

Applikasi web dengan J2EE dapat dibangun:
  1. Java runtime environment
  2.  Jsp page dan sevlet
  3.  Komonen servet dan java bean
  4.  Static html
  5.  Client side java applet
JRE adalah sebuah Software yang digunakan untuk menjalankan aplikasi pada komputer yang dibuat dengan platform Java .

Arsitektur client server dari perspektif web

Dari suatu persepektif web berikut adalah tugas tugas daris server client:

1.    Web Client
2.    Web Server
3.    HTML
4.    URL
5.    HTTP

Web server menerima permintaan-permintaan dari para client web browser dan kemudian meresponnya. Beberapa permintaan dari client yang berisi nama dan file yang client cari, seperti beberapa data user yang disediakan. Server menerima permintaan tsb, memprosesnya, dan kemudian merespon data yang dicari oleh client atau sebuak kode error yang menginformasikan bahwa data tidak terdapat pada server.

Prinsip kerja web server: 
- user mengetik URL
- domain name diubah menjadi ip address via DNS
- client menentukan saluran dan file yang di request
- client mengirim http request ke server
- server menentukan file yag dikirim atau mengirim kode respon dan dokumen
 
Web browser adalah menyediakan user sebuah interface dimana akan meminta server dan menampilkan respon dari server. Ketika user meminta server, browserlah yang memformat permintaan tersebut ke dalam sesuatu yang server dapat mengerti. Begitu server selesai memproses permintaan dan mengirim respon, browser mengambil data yang diminta dari respon yang diberikan server dan kemudian merendernya untuk ditampilkan ke user.
 
HTML sebuah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML dapat dimengerti sebagai sebuah kumpulan perintah-perintah untuk web browser tentang bagaimana menampilkan isi ke user. HTML ialah standar terbuka yang telah di update oleh W3C atau World Wide Web Consortium. 

HTTP menggunakan urutan Request/Response: Sebuah HTTP client membuka koneksi dan mengirim sebuah pesan permintaan pada HTTP server; server kemudian mengirimkan pesan respon, biasanya berisikan resource yang diminta. Setelah mengirimkan respon, server menutup koneksi (membuat HTTP menjadi protokol tanpa status, contoh, tidak memelihara beberapa informasi koneksi diantara transaksi). 

Penanganan web (HTTP) request:
-    membaca dan menjelaskan permintaan pesan
-    translasi URL dengan ekstraksi path

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web.

0 komentar:

Posting Komentar